Kembali

Tanah Seberang - Kurnia Gusti Sawiji

Ada 4 cerita dengan 4 tokoh utama yang saling berhubungan dalam novel ini. Yang pertama adalah Amran, Imran, dan Umar. Tiga bersaudara yang tinggal di Malaysia sebagai imigran gelap karena ibunya menjadi korban dari agen TKW tipu-tipu.

 

Yang kedua ada Nusa, anak seorang pedagang Indonesia-Malaysia, yang menghadapi dilema harus pindah kewarganegaraan. Ayah Nusa menderita penyakit kronis. Jika mereka menjadi warga negara Malaysia, pemerintah dapat membiayai pengobatan ayah mereka dan memberikan bantuan keuangan untuk keluarga mereka. Tapi haruskah Nusa dan keluarganya mengorbankan kewarganegaraan Indonesia untuk merawat ayahnya?

 

Langgam, tokoh di cerita ketiga, juga menghadapi dilema karena ayahnya yang bekerja di sebuah perusahaan Malaysia didiagnosa oleh dokter mengidap penyakit kronis. Pindah ke Malaysia, keluarga Langgam mengorbankan banyak hal. Sekarang ayah Langgam sakit, keluarga Langgam seperti perahu yang hilang di laut. Langgam benar-benar berada di persimpangan ketika tawaran beasiswa datang dari Universitas Jakarta. Apakah dia akan meninggalkan keluarganya di pinggiran Malaysia dan pergi ke Jakarta untuk mendapatkan beasiswa, atau akankah dia mencoba untuk mendapatkan pendidikan di Malaysia yang akan membuatnya bekerja sangat keras? Ketika Amran, Imran, Umar, Nusa dan Langgam dapat melihat jalan masa depen, mereka menemui Mas Thohir dan Teguh anaknya. Mas Thohir dan Teguh adalah tokoh cerita keempat. Segala kesulitan yang dihadapi Mas Thohir di Jawa memaksanya bekerja keras menabung dan hijrah ke Malaysia. 

 

Dengan kehidupan yang lebih nyaman, Mas Thohir berharap bisa menyekolahkan anak-anaknya di sekolah Indonesia, sekolah bagi para imigran Indonesia di Malaysia. Sayangnya, Teguh tidak bisa lulus ujian masuk SD Indonesia karena tidak pernah masuk TK.