Kembali

NARASI MARIMAR #1

NARASI MARIMAR #1

Dalam kegiatan marimar pada hari Minggu, 11 Juni 2023 di Telkomas Makasssar pukul 10.00 WITA. Kegiatan ini dimulai dengan membaca doa secara Bersama-sama, pengenalan pengajar kepada anak-anak, pemberian materi oleh pengajar, sesi tanya jawab yang pertanyaannya begitu semangat dijawab oleh anak-anak disana, dan diakhiri dengan foto Bersama dengan mereka.


Ketika mengikuti kegiatan ini, melihat dari aspek kondisi ekonomi disana sangat menari perhatian, dimana dari segi tempat tinggal mereka dan ruang belajar yang disediakan berada pada lingkungan yang tidak layak karena berada di lingkungan yang kurang bersih (dikelilingi sampah) serta Pendidikan pun sulit mereka akses walaupun usianya mereka telah mencapai usia sekolah. Kalaupun mereka sempat mengakses Pendidikan dibangku sekolah, ada beberapa yang terputus/berhenti karena orang tua mereka tak sanggup lagi memenuhi kebutuhan sekolah mereka. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa mereka akan bekerja keras untuk membantu perekonomian keluarganya dengan usia yang seharusnya masih hanya bermain dan merasakan kesenangan. Dengan kegiatan ini , anak-anak disana tetap antusias belajar dan mengharapkan kehadiran kami semua Kembali datang untuk berbagi ilmu walaupun tak semua diantara mereka yang hadir semangat, serius dan tertib dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.


PERSONAL STATEMENT TENTANG KONDISI DAN SALAH SATU ANAK DISANA:

Disana terdapat salah satu anak yang bernama Aji. Namun, saya tidak sempat menanyakan apakah dia bersekolah / tidak. Yang pasti saya begitu tertarik dengannya karena memiliki semangat belajar yang cukup tinggi ditandai dengan sikap yang ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pengajar, tenang saat diberikan materi dan mengisi lembar post test untuk mengevaluasi pemahamannya terkait materi yang diajarkan. Hal menarik saat mengisi lembar post test, ia ingin menggunakan bahasa inggris walaupun tak semuanya ia ketahui bahasa inggrisnya sehingga dia bertanya kepada saya n yus untuk membantunya dan ia ingin belajar bahasa inggris.


SARAN :
Dengan kondisi yang telah kita ketahui akan kondisi anak-anak disana, sebaiknya membuka donasi secara suka rela atau sumbangan ( sehingga dapat digunakan untuk membeli sebuah meja kecil ) berupa alat tulis atau buku bacaan untuk dapat membantu mereka dalam memperoleh pengetahuan