Kembali

Review Marimar #2

 

Pada hari Sabtu dan Minggu, tepatnya tanggal 18-19 Mei 2024, Departemen Hubungan Eksternal (Hubeks) IMA FEB-UH menyelenggarakan salah satu program kerjanya, yaitu MARIMAR atau Mari IMA Mengajar, yang berlangsung di BTP Makassar. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WITA dan berakhir pukul 14.00 WITA. Acara dimulai dengan pembacaan doa bersama yang diikuti dengan perkenalan para pengajar atau fasilitator.

Selanjutnya, para fasilitator yang merupakan anggota KEMA IMA FEB-UH memberikan materi singkat, dan anak-anak yang hadir sangat antusias mendengarkan dan memperhatikan materi tersebut. Anak-anak didampingi oleh satu atau lebih anggota KEMA IMA FEB-UH atau pengurus IMA FEB-UH selama sesi belajar. Selain mengajar, anggota KEMA dan pengurus IMA FEB-UH juga bertugas menemani anak-anak bermain. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh anggota KEMA IMA FEB-UH dan anak-anak di sana.

Kondisi ekonomi anak-anak di sana sangat memprihatinkan, karena kebanyakan orang tua mereka adalah ibu rumah tangga yang kesulitan menyekolahkan anak-anak mereka. Meskipun demikian, anak-anak tersebut tetap menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam belajar dan sangat fokus dalam menerima materi. Mereka membuktikan bahwa kondisi ekonomi yang sulit tidak mengurangi semangat mereka untuk belajar.

Saran:

Menurut saya, ada beberapa kekurangan dalam pemberian materi pada kegiatan kemarin. Anak-anak yang seharusnya masih belajar membaca malah diajarkan perkalian. Selain itu, saya juga berpendapat bahwa anak-anak di sana perlu diberikan lebih banyak alat tulis dan buku pelajaran untuk mendukung semangat belajar mereka ke depannya.