Kembali

Review KIMA - Bank Sulselbar

Pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2024, Ikatan Mahasiswa Akuntansi FEB-UH melakukan kunjungan instansi yang dikenal dengan “KIMA” ke PT Bank Sulselbar. PT Bank Sulselbar ialah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Kunjungan ini dihadiri oleh 11 kema, beberapa pengurus IMA, dan satu dosen pendamping yakni Ibu Nadhira. Dari kunjungan ini kami jadi lebih tau sedikit banyaknya tentang laporan keberlanjutan dari PT Bank Sulselbar. Adapun visi dari PT Bank Sulselbar ialah menjadi Bank kebanggaan dan terkemuka untuk membangun Kawasan Timur Indonesia dengan misi:

  1. Memberikan solusi jasa keuangan yang inovatif kepada pemerintah dan masyarakat berlandaskan Layanan Prima dan Prinsip kehati-hatian.
  2. Mitra strategis Pemda dalam pembangunan daerah.
  3. Mitra utama bagi UMKM untuk menggerakkan kesinambungan sektor riil.

PT Bank Sulselbar mulai menerbitkan laporan keberlanjutan perusahaan pada tahun 2015. Strategi keberlanjutan Bank Sulselbar telah ditetapkan dengan mengacu pada visi dan misi keberlanjutan yang ada dalam Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB). Bank Sulselbar telah menetapkan visi dan misi keberlanjutan Bank yang selaras dengan visi dan misi Bank Sulselbar yang memfokuskan pada pencapaian kinerja pada 3 (tiga) aspek keberlanjutan, yakni ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kegiatan keberlanjutan yang ditetapkan dan akan dicapai secara berkelanjutan sebagai upaya memperkuat posisi bisnis dan daya saing Perusahaan dalam rangka merealisasikan visi dan misi keberlanjutan Bank yang meliputi 4 (empat) pilar, yakni:

  1. Memperkuat struktur tata kelola keberlanjutan
  2. Memperkuat pembentukan perbankan berkelanjutan
  3. Menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan
  4. Memperkuat kolaborasi dan sinergi dengan masyarakat