Kembali

Emang (perlu) gua pikirin?

Emang (perlu) gua pikirin karya Joshua Iwan Wahyudi merupakan buku yang membahas tentang pentingnya kesehatan mental emosional melalui 70 tulisan isu kasual yang realistis . Buku ini diharapkan mampu membuat pembacanya sadar akan realitas yang menjadi masalah emosional kita dan mengerti apa yang bisa dilakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan mental emosional kita saat menghadapi realitas-realitas tersebut. Jadi, menurut buku ini menjaga mental emosional tetap sehat merupakan hal yang tak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

Kejadian-kejadian yang dapat merusak kesehatan mental emosional bisa terjadi di dalam rumah kita sendiri atau pun di luar rumah seperti lingkungan sekolah, kampus, tempat kerja, bahkan lingkungan pertemanan. Oleh karena itu, menjaga dan memelihara mental emosional kita menjadi sebuah keharusan.

Melalui buku ini saya menjadi banyak tau bahwa hal-hal kecil yang sering saya pikirkan atau bahkan teman-teman juga sering pikirkan merupakan hal yang mengganggu kesehatan mental emosional. Seperti pada sub-bab ke-54 “Memilih Baik” kita bisa berusaha untuk berbuat baik kepada semua orang. Tapi, sulit untuk baik dengan kadar yang sama kepada semua orang. Kita tidak bisa baik kepada semua orang dengan kadar yang sama karena terbatas pada waktu, energi, dan resources lain yang kita miliki. Jadi, kita harus bisa memilih kepada siapa alokasi waktu dan energi kita curahkan lebih banyak. Dan jangan merasa bersalah kepada orang yang tidak kebagian kebaikanmu ketika kau tidak mampu lagi untuk berbuat baik.

Masih banyak tulisan lain yang bisa membuat kita sadar akan realitas yang menjadi masalah emosional kita. Bagi teman-teman yang belum pernah membaca buku genre self-improvment dan mau mencoba membacanya saya rekomendasikan buku ini untuk dibaca karena bahasa yang digunakan oleh penulis itu ringan dan sangat mudah dipahami