Kembali

Review SIGMA Road To HMDA FEB UB

Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi (HMDA) merupakan Lembaga mahasiswa yang berada di Universitas Brawijaya, yang dimana membantu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, departemen Akuntansi untuk mengembangkan potensi mereka dalam berorganisasi. HMDA juga membantu mengenalkan mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya dengan Kantor Akuntan Publik (KAP), big four (EY, Deloitte, KPMG, PwC), Mitra HMDA, perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). HMDA memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Tewujudnya HMDA FEB UB sebagai Student Servant dalam proses advokasi akademik Mahasiswa S1 DA FEB UB
  2. Terbukanya wadah kreativitas mahasiswa S1 DA FEB UB dalam Aktivitas HMDA FEB UB
  3. Terjalinnya kolaborasi aktif dengan Stakeholder HMDA FEB UB, KM FEB UB, dan pihak eksternal lainnya yang memberikan kebermanfaatan bagi Mahasiswa S1 DA FEB UB
  4. Terbangunnya rasa kekeluargaan yang suportif dan apresiatif dalam peningkatan fungsi dan peran fungsionaris HMDA FEB UB.

HMDA Memiliki susunan kepengurusan sebagai berikut:

Human Resources Department

Human Resources Department (HR) bertugas memfasilitasi potensi minat dan bakat Pengurus HMDA FEB UB 2023 pada khususnya dan Mahasiswa S1 Departemen Akuntansi FEB UB dan juga bertugas memberikan ilmu-ilmu terkait pengembangan soft skill dan juga melalui kegiatan diskusi atau kaderisasi yang berguna untuk berkontribusi dalam kegiatan di HMDA FEB UB maupun di tingkat FEB UB.

Communication and nformation

Departmen berfungsi mengoptimalkan forum komunikasi pada lingkup Departemen Akuntansi FEB UB melalui media sosial dan media komunikasi yang ada di HMDA FEB UB dan sebagai penghubung HMDA FEB UB dengan para stakeholdernya, yaitu pihak departemen Akuntansi FEB UB, Mahasiswa S1 Departemen Akuntansi FEB UB, dan Alumni Akuntansi FEB UB, serta pihak eksternal seperti perusahaan, organisasi kemahasiswaan baik di dalam maupun luar KM FEB UB, atau organisasi akuntansi dalam lingkup nasional maupun internasional.

Entrepreneurship

Departmen Bertanggung jawab dalam pengembangan jiwa dan kemampuan kewirausahaan Pengurus HMDA FEB UB. Meskipun secara struktural Entrepreneurship Department merupakan bagian dari HMDA, namun dalam hal keuangannya Entrepreneurship Department diasumsikan sebagai entitas terpisah dari HMDA, yaitu sebagai anak perusahaan.

Research and Development

Departmen Bertanggung jawab mengembangkan potensi akademik dan meningkatkan kapasitas literasi serta kepekaan terhadap isu-isu terkini yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1 DA FEB UB baik melalui akademik keilmuan akuntansi maupun umum. Research and Development Department turut mempersiapkan, mendesain, serta melakukan tindak implementasi terhadap kaderisasi dalam lingkup keilmuan bagi seluruh Mahasiswa S1 DA FEB UB. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya pikir mahasiswa terhadap perkembangan pengetahuan khususnya di bidang keilmuan akuntansi sebagai bekal untuk menghadapi dunia kerja yang akan datang.

Quality Assurance Bureau

Berperan sebagai supporting system bagi HMDA FEB UB 2023 dalam menjaga dan menjamin kualitas organisasi sesuai dengan kebutuhan civitas akademika. Program kerja:

  1. Performance assessment
  2. Activities assessment
  3. HMDA Appreciation
  4. Quality control
  5. Kuesioner evaluasi
  6. Rekapitulasi
  7. Forum evaluasi HMDA

Administration and Treasury Bureau

Administration and Treasury Bureau adalah sebuah unit kerja yang bertanggung jawab dalam bidang administrasi dan perbendaharaan yang bergerak menjadi sistem pendukung dalam hal operasional HMDA FEB UB. Program Kerja:

  1. Seminar proposal dan anggaran
  2. Lingkar bendahara
  3. Laporan triwulan
  4. Laporan keuangan Tengah dan akhir periode
  5. Pearikan kas HMDA
  6. Upgrading surat
  7. Bazaar sertifikat
  8. inventarisasi

Creative Media Bureau

Creative Media Bureau adalah biro yang bertanggung jawab atas penyediaan desain publikasi dalam bentuk konten visual, audio, maupun grafis yang atraktif dan efektif sehingga dapat menciptakan citra baik HMDA FEB UB, baik di media sosial, maupun di kegiatan nyata. Program kerja:

  1. Penyediaan desain publikasi
  2. Upgrading biro
  3. HMDArchive
  4. Company profile
  5. Design alchem