Kembali

Review Marimar #2

MARIMAR adalah singkatan dari “Mari IMA Mengajar” merupakan program kerja IMA dengan tujuan utamanya yaitu untuk mengajar adik-adik di rumah belajar. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 11-12 Mei 2024 dan di adakan di area binaan Manggala pukul 15.00 WITA sampai selesai. Acara tersebut dimulai dengan pembacaan doa, diikuti dengan pengenalan antara anak-anak yang hadir dengan para KEMA IMA FEB-UH yang menjadi volunteer pada kegiatan tersebut dan beberapa pengajar yang kemudian memberikan materi singkat kepada mereka. Anak-anak tersebut di dampingi oleh satu orang atau lebih anggota KEMA IMA FEB-UH saat proses belajar dan mengerjakan evaluasi setelah materi berakhir. Evaluasi tersebut bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman anak-anak tersebut terhadap materi yang telah diajarkan. Selain itu, para KEMA yang menjadi volunteer juga menemani anak-anak tersebut bermain, mengajari sedikit tentang membaca dan menulis, serta membantu melerai mereka yang bertengkar atau bermain cukup keras.

Sistem yang diterapkan dalam proses pembelajaran adalah membagi anak-anak menjadi 2 kelompok yaitu kelompok A dan B, agar memudahkan dalam pemberian materi sesuai usia dan menjaga suasana tetap kondusif. Kelompok A untuk anak usia 12 tahun atau kelas 4 SD ke atas, sedangkan untuk kelompok B dikuhuskan kepada anak-anak mulai dari TK hingga kelas 3 SD. Sistem materi yang diberikan juga beragam, dalam sehari setiap kelompok mendapat 2 materi. Setelah pemberian materi selesai, saya selaku volunteer di kelas B membantu adik-adik untuk mengerjakan tugas evaluasi yang diberikan oleh fasilitator. Setelah semua kegiatan selesai, kami pun berkumpul kembali bersama-sama untuk melakukan doa bersama karena pembelajaran hari ini telah berakhir. Lalu kami pun foto bersama dengan seluruh KEMA IMA FEB-UH dan adik-adik dari rumah belajar sebagai kenang-kenangan. Terlepas dari kerusuhan yang terjadi selama menemani adik-adik belajar, ada banyak keseruan dan pembelajaran yang saya dapatkan juga.

Program MARIMAR atau “Mari IMA Mengajar” memiliki tujuan utama yaitu untuk mengajar adik-adik di rumah belajar. Kegiatan ini telah dua kali dilaksanakan, dan yang saat ini dilaksanakan juga selama 2 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 18-19 Mei 2024 serta di adakan di area binaan BTP mulai pukul 10.00 WITA sampai selesai. Kegiatan tersebut dimulai dengan pembacaan doa, diikuti dengan pengenalan antara anak-anak yang hadir dengan para KEMA IMA FEB-UH yang menjadi volunteer pada kegiatan tersebut dan beberapa pengajar yang kemudian memberikan materi singkat kepada mereka. Anak-anak tersebut di dampingi oleh satu orang atau lebih anggota KEMA IMA FEB-UH saat proses belajar dan mengerjakan evaluasi setelah materi berakhir. Materi pembelajaran yang diberikan juga beragam, pada hari pertama ada materi mengenai kebersihan, kejujuran, kepedulian sosial dan lain sebagainya. Saya melihat adik-adik yang ada sangat tenang ketika pembelajaran berlangsung dan juga sangat bersemangat ketika sesi game sedang berlangsung.

Setelah pemberian materi selesai, saya selaku volunteer membantu adik-adik untuk mengerjakan tugas evaluasi yang diberikan oleh fasilitator. Ada beberapa adik-adik yang ternyata masih belum fasih untuk menulis sehingga saya membantunya menuliskan apa yang tertuang dari pikirannya. Setelah semua kegiatan selesai, kami pun berkumpul kembali bersama-sama untuk melakukan doa bersama karena pembelajaran hari ini telah berakhir. Lalu kami pun foto bersama dengan seluruh KEMA IMA FEB-UH dan adik-adik dari rumah belajar sebagai kenang-kenangan. Selama dua kali mengikuti kegiatan MARIMAR ini, saya merasa kagum dengan semangat belajar adik-adik dan juga kesabaran para fasilitator dalam mengajar adik-adik.