Kembali

Review Marimar #1

Program kerja MARIMAR dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 11-12 Mei 2024 dan di adakan di area binaan Manggala pukul 14.00 WITA sampai selesai. Acara tersebut dimulai dengan pembacaan doa, diikuti dengan pengenalan antara anak-anak yang hadir dengan pengajar yang merupakan anggota KEMA IMA FEB UH dan kemudian memberikan materi singkat kepada anak-anak. Anak-anak tersebut di dampingi oleh satu orang atau lebih anggota KEMA IMA FEB-UH saat proses belajar. Tak hanya mendampingi  dalam proses belajar, tugas lain yang cukup penting dilakukan oleh KEMA adalah membantu melerai anak-anak yang bertengkar atau bermain cukup keras. Namun demikian, kegiatan dipenuhi oleh kegembiraan dan antusias anak-anak Telkomas yang ingin belajar bersama para KEMA. Lalu di akhir kegiatan terdapat sesi foto bersama anak-anak.

Sistem yang diterapkan oleh Hubeks adalah membagi menjadi 2 kelompok, kelompok A untuk anak usia 14 tahun atau kelas 4 SD ke atas, sedangkan untuk kelompok B dikuhuskan kepada anak-anak mulai dari TK hingga kelas 3 SD. Sistem materi yang diberikan juga beragam, dalam sehari setiap kelompok mendapat 2 materi. Pada hari Minggu atau hari kedua MARIMAR di Manggala, materi yang diberikan khususnya untuk kelompok B yaitu, pertama adalah menghitung. Sebagai pengantar, anak-anak di brainstorming dengan pengenalan kembali angka 1-100 kemudian masuk pada sesi perhitungan. Kemudian, materi kedua yaitu Seni Budaya menjadi materi yang palin diminati dan menarik antusias semua anak kelompok B karena anak-anak bebas mengekspresikan diri melalui warna.

Sebagai volunteer di kelompok B, membuat saya memahami bahwa untuk menangkap fokus seorang anak lebih sulit dibandingkan kelompok A. Anak-anak kelompok B mudah terdistrak sehingga hal ini juga menjadi tantang untuk pengajar. Terlepas dari keriwehan mendampingi kelompok B, ada banyak keseruan yang di dapatkan dan pengetahuan bahwasannya pendidikan untuk seorang anak haruslah diberikan sejak dini.