Kembali

Review SIGMA Goes To HMA Unud

SIGMA merupakan kegiatan dari salah satu program kerja depertemen hubungan eksternal IMA FEB-UH yang merupakan kegiatan berupa studi banding ke beberapa Lembaga mahasiswa sejenis IMA yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami sistem organisasi yang dikunjungi. Dalam kegiatan kali ini, SIGMA IMA melakukan kunjungan studi banding ke HIMA AK FEB UNUD (Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana) tepatnya pada hari Sabtu,17 Januari 2024 pukul 13.00 sampai selesai.
Pada SIGMA kali ini, kedua lembaga saling bertukar informasi mengenai struktur kepengurusan dan program kerja masing-masing lembaga. Pada IMA FEB-UH ada beberapa presidium dan depertemen yang ada di IMA meliputi Ketua Umum, Wakil Ketua umum, Sekretaris umum dan Bendahara umum, dan ada 5 depertemen yang di IMA yakni Depertemen Kesekretariatan, Departemen Media dan Publikasi, Departemen Hubungan Eksternal, Departemen Keakutansian dan Departemen Pengaderan. Sedangkan pada HIMA AK FEB UNUD meliputi Ketua Umum dan memiliki 3 Wakil yang dimana Wakil Ketua I menaungi Sekretaris 1 dan Sekretaris 2 , Wakil ketua III menaungi Keuangan 1 dan Keuangan 2, Wakil Ketua II menaungi 3 Ketua Divisi dimana tiap divisi menaungi 2 bidang, mencakup Ketua Divisi  I yang menaungi Ketua Bidang Akademik dan Ketua Bidang PSDM, Ketua Divisi II yang menaungi Ketua Bidang Advokesma dan Ketua Bidang Logistik & Minat Bakat, dan Ketua Divisi IIi yang menaungi Ketua Bidang Humas & Proktokoler dan Ketua Bidang 3D.
Selanjutnya ada sesi diskusi yang dimana dalam sesi ini dibagi sesuai dengan tupoksi masing-masing departemen/divisi sejenis. Pada sesi ini saya bergabung pada diskusi antara departemen hubeks dan bidang humas & protokoler yang dimana masing-masing departemen/divisi menjelaskan tupoksi dan proker yang ada. Jadi disini saya hanya akan menjelaskan terkait proker dari HIMA AK FEB UNUD.
Bidang humas & protokoler sendiri punya dua program yaitu JUMPROG dan AKBINDES. Program kerja Jumprog atau jumpa program studi akuntansi merupakan proker yang dimana berfungsi sebagai penyalur aspirasi mahasiswa/i guna meningkatkan kualitas Program Studi Akuntansi dan kinerja Himpunan Mahasiswa Akuntansi FEB UNUD. Kemudian program kerja kedua yaitu akbindes atau akuntansi bina desa yang merupakan program kerja bidang pengabdian masyarakat yang berkolaborasi dengan suatu desa sebagai desa binaan, program kerja ini diisi dengan pemberian materi hingga pemberian bantuan social, diharapkan dengan diadakannya program kerja ini, masyarakat desa dapat mengimplementasikan materi yang diberikan terkait Akuntansi.
Setelah diskusi selesai, selanjutnya ada sesi games yang dimana sesi ini bertujuan untuk seru-seruan seperti menebak kata/gambar. Dan diujung acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada HIMA AK FEB UNUD.