Kembali

Political-Economy Accounting Perspective: Landasan Baru Pemberdayaan Bumn

Political economy berbicara mengenai cara pemerintah dalam menggunakan hak dan wewenangnya beserta segala insturmen dan sarana yang dimiliki dalam mempengaruhi jalannya perekonomian suatu negara. Cara pemerintah dalam mempengaruhi perekonomian nasional ini nantinya akan memiliki dampak yang sangat besar pada perekonomian negara tersebut. Oleh karena itu, peran pemerintah kemudian menjadi sangat besar bagi perkembangan perekonomian suatu negara nantinya. Suatu negara dikatakan maju perekonomiannya tergantung dari cara negara tersebut mengatur ekonomi negaranya.

Dalam political economy of accounting khususnya akan berbicara mengenai bidang akuntansinya. Tentang bagaimana kemudian pemerintah melalui ilmu-ilmu akuntansi kemudian dapat memengaruhi arah dari perekonomian yang dibangun. Akuntansi sudah ada mulai dari tingkat paling kecil dalam peerekonomian negara. Sehingga kemudian peran akuntansi sangat penting untuk memengaruhi perekonomian negara hingga ke tingkat yang paling kecil.

Peran pemerintah khususnya sebagai regulator sangatlah penting dalam intervensinya terhadap ekonomi suatu negara. Pemerintahlah yang selanjutnya akan menentukan jalannya ekonomi suatu negara itu ke arah mana. Hal ini dapat dilakukan pemerintah melalui pengesahan dan penerapan suatu peraturan perekonomian dan juga dengan menjalankan fungsi pengawasannya dalam penerapan tersebut.

Sejalan dengan perkembangan ilmu akuntansi, hadirnya sustainability accounting atau akuntansi berkelanjutan membawa angin segar dalam kegiatan operasional perusahaan. Sustainability accounting pada dasarnya hadir untuk mengatasi masalah-masalah sosial dan lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan operasional perusahaan. Dengan adanya sustainability accounting, negara dapat menggunakan teori-teori yang terdapat di dalamnya lalu menggunakan hal itu untuk mempengaruhi perekonomian dalam negaranya. Sehingga hal ini kemudian dapat membawa perekonomian negara ke dalam perekonomian yang berbasis sustainability dalam rangka mengatasi masalah-masalah sosial dan lingkungan.

Sustainability accounting hanyalah sebuah gagasan akuntansi di antara banyaknya gagasan lain. Tugas pemerintah selanjutnya adalah menentukan ke arah manakah perekonomian negaranya akan dibawa. Apakah ke arah eksploitasi berkelanjutan, sustainability, atau era digitalisasi. Keputusan pemerintahlah yang kemudian akan menentukan jalannya roda perekonomian. Maka penting bagi masyarakat juga untuk tetap mengawasi dan mengkritisi kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah. Sehingga kebijakan dan arah perekonomian nantinya harus berpihak pada masyarakat secara keseluruhan dan bukan hanya bagi segelintir masyarakat saja.