Kembali

Review SIGMA Road To HMDA FEB UB

Pada kegiatan SIGMA ke-2 ini, IMA melakukan kunjungan studi banding ke HMDA FEB UB (Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya) tepatnya pada hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 10.00 sampai selesai. Pada SIGMA kali ini, kedua lembaga saling bertukar informasi mengenai struktur kepengurusan dan program kerja masing-masing lembaga. HMDA FEB UB merupakan salah satu lembaga otonom yang berada di Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (KM FEB UB) yang dimana memiliki pengurus kurang lebih 100 orang dan meliputi beberapa departemen dan bureau.

Presidium terdiri dari 3 orang yakni chairman, general secretary 1, dan general secretary 2. Adapun kegiatan kerja dari general secretary yaitu musyawarah kerja, management meeting, lingkar sekretaris, birthday greeting, dan ngobskuy (ngobrol skuy). Selanjutnya ada Quality Assurance Bureau yang merupakan satuan unit kerja yang berperan sebagai supporting system bagi HMDA FEB UB 2023 dalam menjaga dan menjamin kualitas organisasi sesuai dengan kebutuhan civitas akademika Departemen Akuntansi FEB UB menggunakan pendekatan yang diaplikasikan terhadap penilaian kompetensi dan kinerja seluruh fungsionaris menggunakan Key Performance Indicators (KPI); kegiatan kerja yang dilaksanakan; dan program kerja yang dirancang sehingga kualitas atas aspek-aspek tersebut dapat terukur, terjaga, dan terus meningkat dari periode ke periode. Kemudian Administration and Treasury Bureau adalah sebuah unit kerja yang bertanggung jawab dalam bidang administrasi dan perbendaharaan yang bergerak menjadi sistem pendukung dalam hal operasional HMDA FEB UB. Dan berikutnya Creative Media Bureau adalah biro yang bertanggung jawab atas penyediaan desain publikasi dalam bentuk konten visual, audio, maupun grafis yang atraktif dan efektif sehingga dapat menciptakan citra baik HMDA FEB UB, baik di media sosial, maupun di kegiatan nyata.

Kemudian untuk departemen sendiri terdiri dari 4 departemen yakni (1) Human Resources Department (HR) merupakan salah satu department yang ada di HMDA FEB UB 2023 yang bertugas untuk memfasilitasi potensi minat dan bakat Pengurus HMDA FEB UB 2023 pada khususnya dan Mahasiswa S1 Departemen Akuntansi FEB UB pada umumnya. Human Resources Department (HR) juga bertugas untuk memberikan ilmu-ilmu terkait pengembangan soft skill dan juga melalui kegiatan diskusi atau kaderisasi yang berguna untuk berkontribusi dalam kegiatan di HMDA FEB UB maupun di tingkat FEB UB. Dalam melaksanakan tugasnya, Human Resources Department (HR) dibagi menjadi dua sub-Department, yaitu Internal Sub-Department dan External Sub-Department. (2) Communication and Information Department merupakan departemen yang berfungsi untuk mengoptimalkan forum komunikasi pada lingkup Departemen Akuntansi FEB UB melalui media sosial dan media komunikasi yang ada di HMDA FEB UB. Communication and Information Department juga berfungsi sebagai penghubung HMDA FEB UB dengan para stakeholdernya, yaitu pihak departemen Akuntansi FEB UB, Mahasiswa S1 Departemen Akuntansi FEB UB, dan Alumni Akuntansi FEB UB, serta pihak eksternal seperti perusahaan, organisasi kemahasiswaan baik di dalam maupun luar KM FEB UB, atau organisasi akuntansi dalam lingkup nasional maupun internasional. Communication and Information Department dibagi menjadi dua sub-Department, yaitu Public Relation dan Student Welfare. (3) Entrepreneurship Department merupakan salah satu departemen yang berada dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (HMDA FEB UB) yang memiliki tanggung jawab dalam pengembangan jiwa dan kemampuan kewirausahaan Pengurus HMDA FEB UB pada khususnya dan Mahasiswa Departemen Akuntansi FEB UB pada umumnya. Entrepreneurship Department dibagi menjadi dua sub-Department, yaitu Creative Enterprising dan Entrepreneurship Development. (4) Research and Development Department merupakan salah satu departemen yang terdapat dalam HMDA FEB UB. Research and Development Department bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi akademik dan meningkatkan kapasitas literasi serta kepekaan terhadap isu-isu terkini yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1 DA FEB UB baik melalui akademik keilmuan akuntansi maupun umum. Research and Development Department turut mempersiapkan, mendesain, serta melakukan tindak implementasi terhadap kaderisasi dalam lingkup keilmuan bagi seluruh Mahasiswa S1 DA FEB UB. Research and Development Department dibagi menjadi dua sub-Department, yaitu Academic Development dan Strategic Issue.