Kembali

Review KIMA - Bank Sulselbar

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Bank berfungsi sebagai alat untuk menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat dan fungsi bank yaitu memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi suatu negara, dengan menghimpun dana dari masyarakat untuk berinvestasi terhadap pembangunan negara.

PT Bank Sulselbar, sebuah lembaga keuangan terkemuka di Indonesia dan telah aktif menerapkan praktik akuntansi berkelanjutan dan melaporkan kemajuannya melalui laporan keberlanjutan yang komprehensif. Komitmen bank terhadap prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) tercermin dalam perencanaan strategis dan keputusan operasionalnya. Narasi ini akan mengeksplorasi inisiatif bank dalam menerapkan akuntansi berkelanjutan dan pelaporan kinerja keberlanjutan.

Kunjungan di Bank Sulselbar untuk memahami akuntansi keberlanjutan yang diterapkan oleh Bank Sulselbar. Hal ini mengacu pada proses pengumpulan, pengukuran, dan pelaporan informasi terkait dampak kegiatan bank terhadap aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. PT Bank Sulselbar menyadari pentingnya mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam pelaporan keuangannya. Bank telah mengadopsi pendekatan komprehensif terhadap akuntansi keberlanjutan, yang mencakup pengembangan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) atau Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan. Rencana ini menguraikan prioritas strategis bank untuk keberlanjutan, termasuk pengembangan produk dan layanan keuangan berkelanjutan, meningkatkan kapasitas internal, dan menyelaraskan operasinya dengan praktik berkelanjutan.

Kunjungan Bank Sulselbar, membuat kami tau bahwa penerapan akuntansi berkelanjutan yang dilakukan PT Bank Sulselbar dan pelaporan keberlanjutannya yang komprehensif menunjukkan komitmennya terhadap prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola serta melalui inisiatif dan pelaporan keberlanjutan, PT Bank Sulselbar bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, masyarakat, dan perekonomian, sekaligus mempertahankan posisinya sebagai lembaga keuangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan di Indonesia