Kembali

Review Marimar #2

Saya yang secara pribadi suka kegiatan volunteering terutama berhadapan dengan anak-anak sangat tertarik pada kegiatan MARIMAR. Ketika datang ke lokasi dan melihat antusias adikadik yang sangat aktif bermain dan belajar bersama kakak-kakak volunteer maupun pengurus, membuat saya merasa senang dan bersemangat untuk ikut membantu kegiatan MARIMAR kali ini.

Saat kegiatan di buka, adik-adik duduk dengan rapi sesuai dengan arahan kakak pengurus. Kemudian adik-adik dan kakak-kakak mulai membaca doa bersama. Setelah pengenalan pengajar/fasilitator, adik-adik dibagi menjadi 2 kelas, kelas A dan kelas B, dimana adik-adik kelas A dimulai dari kelas 4 SD hingga SMP sementara adik-adik di kelas B dimulai dari TK (bahkan balita) hingga kelas 3 SD. Saat kakak pengajar membawakan materi, beberapa anak rupanya telah memahami materi yang dibawakan, sehingga kakak pengajar dapat dengan mudah saling tanya jawab dengan anak-anak tersebut. Namun di luar itu, ada beberapa anak yang sama sekali belum memahami apapun meskipun di usianya yang bisa dibilang sudah seharusnya anak tersebut memahami hal tersebut.

MARIMAR sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Tidak hanya mengajarkan anak-anak mengenai pembelajaran, namun kita juga dapat melihat bagaimana kondisi masyarakat yang dapat dibilang berada pada tingkatan ekonomi yang menengah kebawah. Dengan tidak meratanya pendidikan saat ini, membuat anak-anak yang ingin sekolah, ingin mendapatkan pendidikan, namun terhalang dengan kondisi ekonomi mereka. Bisa dikatakan, pendidikan yang mereka dapatkan tidak sebanding dengan pendidikan yang ada di daerah perkotaan, dimana fasilitas pendidikan yang tidak memadai membuat mereka tidak senang jika melaksanakan kegiatan di sekolah.

Saya sebagai volunteer sangat excited untuk mengikuti MARIMAR karena selain bisa membantu adik-adik untuk belajar, saya juga bersyukur bisa berkesempatan untuk berinteraksi dengan mereka. Diluar keterbatasan akses untuk belajar yang mereka alami, mereka memiliki semangat besar untuk belajar yang membuat saya kagum. Di sisi lain, bisa berteman baik dengan mereka dan bermain bersama membuat saya merasa senang sekali. Semoga panjang umur, saya bisa bertemu dengan mereka lagi Aamin