Kembali

Review SIGMA Goes To HMA Unud

SIGMA merupakan program kerja dari Departemem Hubungan Eksternal IMA FEB-UH berupa studi banding ke beberapa Lembaga mahasiswa sejenis, bertujuan untuk melihat dan memahami secara langsung bagaimanan sistem pengelolaan yang dijalankan suatu organisasi. Pada kesempatan kali ini SIGMA diadakan bersama HIMA AK FEB UNUD Sabtu, 17 Januari 2024.

Strutur HIMA AK FEB UNUD disusun secara hierarki. Kepemimpinan tertinggi dipegang oleh seorang ketua dengan bantuan tiga wakil ketua. Ketua lembaga sebagai otoritas tertinggi berkoordinasi dengan inspektorat sebagai pengawas lembaga. Wakil ketua I merupakan jabatan kesekretariatan yang membawahi dua sekretaris; wakil ketua II merupakan jabatan operasional yang membawahi tiga divisi Lembaga; dan wakil ketua III merupakan jabatan kebendaharaan yang membawahi dua pejabat keuangan. Setiap divisi terdiri atas dua bidang dan dipimpin oleh seorang ketua divisi, setiap bidang terdiri atas seorang ketua dan empat fungsionaris. Divisi I terdiri dari bidang akademik dan PSDM, divisi II terdiri dari bidang ADVOKESMA serta Logistik dan Minat Bakat, dan divisi III terdiri dari bidang HUMAS dan Protokoler serta 3D.

Di sesi diskusi, saya masuk ke diskusi antara Departemen MEDIASI dan Bidang 3D. Setiap departemen memaparkan program kerjanya masing-masing (tidak saya catat dan ingat jelas) kemudian saling bertukar pertanyaan. Hasil diskusi yang saya dapatkan bahwasannya baik MEDIASI dan 3D punya SOP masing-masing dalam melaksanakan fungsinya. Sedikit perbedaan bahwa 3D berfokus pada pembuatan konten HIMA AK FEB UNUD sedangka publikasi merupakan fungsi dari bidang HUMAS sedangkan Departemen MEDIASI secara independent membuat konten dan mempublikasikan ke media sosial. Ada pula pertanyaan di luar topik diskusi tentang bagaimana sistem pengaderan dan pemilihan pengurus HIMA AK FEB UNUD yang dijelaskan detail oleh Bidang 3D.

Setelah diskusi selesai, tiap departemen dan bidang kembali ke ruangan utama dan bermain beberapa permainan. SIGMA x Udayana diakhiri dengan penyerahan sertifikat IMA FEB UH kepada HIMA AK FEB UNUD.