Kembali

Sekolah Itu Candu

Buku ini menggunakan Bahasa yang ringan dan memiliki pokok pembahasan yang berbeda-beda di tulisan. Lucunya buku ini merupakan buku yang ditulis oleh Roem pada tahuan 80-an, dan masih relate beberapa tahun belakangan ini. First impression reviewer terkait buku yaitu, menyenangkan dan membuat reviewer larut dalam membaca buku ini berjam-jam. Ada 16 pembahasan dalam buku ini, namun sayangnya reviewer hanya baru membaca hingga 9 pembahasan. Diantara 9 pembahasan ini, reviewer menyukai tulisan terkait sekolah sana-sini.

Dalam tulisan sekolah sana-sini, bahwa ternyata sekolah harusnya menjadi wadah kita untuk menjadi apa saja, bahkan ada universitas di Amerika bernama Universitas Rock Feller yang mempelajari banyak hal sesuai dengan minat dan bakat dari tiap orang, namun sayangnya universitas ini kurang terkenal, bahwa beberapa sopir taksi tidak mengetahui dimana letak universitas ini. Selain itu, di Indonesia sempat ada sekolah mengenai hal ini, bernama sekolah tinggi wiraswasta, namun sayangnya sekolah ini kurang diminati dan lambat laun malah menjadi sekolah yang seperti sekolah pada umumnya.

Pada dasarnya buku ini menyenangkan dan sangat reviewer sarankan untuk para pembaca. Kemudian, buku ini juga sesuai dengan nilai-nilai yang ingin dibawakan di kepengurusan kali ini dalam pendidikan kritis. Karena dalam buku ini menjelaskan terkait bobroknya pendidikan yang hanya berfokus pada kualitatifnya seperti pembangunan Gedung, memperbanyak guru dan hal-hal teknis yang tidak menyentuh pendidikan itu sendiri.