Kembali

Review KIMA - PT TIRAN GROUP

       Corporate Sustainability merupakan kontribusi perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan secara bersamaan. Bisnis yang berkelanjutan bertujuan untuk mengurangi dampak negative terhadap lingkungan. Mereka akan berusaha untuk menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan, seperti pengelolaan limbah yang baik dan penggunaan energi terbarukan. Selain itu, bisnis berkelanjutan juga perlu memastikan keberlanjutan ekonomi jangka panjang. Mereka harus menghasilkan laba yang cukup untuk tetap beroperasi, tetapi tetap mempertimbangkan efisiensi sumber daya, inovasi, dan mitigasi risiko jangka panjang. Hal tersebut berlaku juga terhadap PT. TIRAN GROUP.

TIRAN GROUP ialah nama dagang dari PT. TIRAN NUSANTARA GRUP yang merupakan Holding Group Company ternama di Indonesia Timur dengan 56 anak perusahaan. Sejak 2018, Tiran Group berkembang menjadi holding company yang membawahi beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai sektor seperti pertambangan nikel, distributor, peternakan, perkebunan, dan ekspedisi. Founder of Tiran sendiri adalah DR. IR. H. Andi Amran Sulaiman,

M.P yang juga seorang alumni dari Universitas Hasanuddin. TIRAN GROUP mempunyai visi untuk menjadi perusahaan 10 besar Nasional pada 2045. Adapun misi dari TIRAN GROUP yaitu membangun bisnis tambang terntegrasi dengan program pendidikan, membangun bisnis pertanian terintegrasi dengan program pendidikan, dan membangun lembaga pendidikan internasional berkarakter lokal. Konsep Corporate Sustainability yang dipakai adalah “Triple Bottom Line”, yaitu people, planet, dan profit. TIRAN GROUP juga mengistilahkan Corporate Sustainability di perusahaannya sebagai PPM, “Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat”.

Dalam TIRAN GROUP juga terdapat 5 prinsip :

  1. Saling tergantung
  2. Keberlanjutan
  3. Strategis
  4. Infrastruktur
  5. Menyeluruh

Program utama PPM (Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat), yaitu :

  1. Pendidikan (dimulai dari pemberian beasiswa, bantuan tenaga pendidik, bantuan sarana/prasarana pendidikan, hingga pendidikan atau pelatihan keterampilan dasar)
  2. Kesehatan (memperhatikan kesehatan masyarakat sekitar tambang, tenaga kesehatan, bantuan sarana dan/atau prasarana kesehatan, hingga aksi kemanusiaan)
  3. Tingkat pendapatan rill atau pekerja
 
  1. Kemandirian ekonomi (melakukan pengembangan usaha kecil dan menengah kepada rakyat di sekitar tambang, juga memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar tambang untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan usaha kecil dan menengah sesuai dengan profesi/keahliannya).
  2. Sosial Budaya (bantuan pembangunan sarana dan/atau prasarana ibadah dan hubungan dibidang keagamaan)
  3. Pembentukan kelembagaan komunitas masyarakat untuk menunjang kemandirian PPM
  4. Pembangunan infrastruktur yang menunjang PPM dan Penghijaun
  5. Pembangunan dan pengembangan informasi dan teknologi

Melihat dari visi, misi, dan program kerja TIRAN GROUP, dapat dikatakan bahwa Corporate Sustainability mereka sudah mempertimbangkan segala aspek. Di sisi lain mereka harus menghasilkan laba yang cukup untuk tetap beroperasi, tetapi disisi lain juga harus tetap mempertimbangkan efisiensi sumber daya, inovasi, dan mitigasi risiko jangka panjang.