Kembali

REVIEW IMAJOK #4 SUSTAINABILITY ACCOUNTING

Review Imajok 4

Isu Sustainability Accounting Di Universitas Ciputra

Hari senin tanggal 19 Juni 2023 telah terlaksana program kerja IMAJOK bersama pengurus dan kema IMA FEB-UH. Kami melakukan kunjungan di Universitas Ciputra untuk melakukan penyebaran dan pengenalan isu akuntansi yaitu “Sustainability Accounting” serta melakukan pengenalan himpunan dari masing-masing Universitas. Dan saat kami melakukan pengenalan isu Sustainability Accounting, masih banyak mahasiswa dari Universitas Ciputra yang belum familiar dengan istilah Sustainability Accounting tersebut sehingga dalam kunjungan, inti dari pembahasan kami yaitu sebagai berikut.

Akuntansi keberlanjutan merupakan istilah yang berkaitan dengan kebijakan untuk memasukkan elemen biaya lingkungan ke dalam praktik akuntansi perusahaan atau lembaga pemerintah. Biaya lingkungan adalah suatu implikasi yang timbul dari sisi keuangan maupun non keuangan. Biaya lingkungan harus ditanggung sebagai akibat dari segala bentuk kegiatan yang memengaruhi kualitas lingkungan. (Ikhsan, 2008). Penggunaan konsep akuntansi keberlanjutan bagi perusahaan dapat mendorong kemampuan manajemen untuk meminimalisasi persoalan – persoalan lingkungan yang dihadapinya. Banyak perusahaan besar baik industri manufaktur, dagang dan jasa yang kini menerapkan akuntansi keberlanjutan agar dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan lingkungan dengan melakukan penilaian terhadap kegiatan yang berorientasi lingkungan dari sudut pandang biaya dan manfaat atau efek dari kegiatan tersebut untuk agar kegiatan operasional perusahaan dapat berkelanjutan (going concern).

Penggunaan konsep akuntansi keberlanjutan merupakan perwujudan dari SDGs yang bermanfaat bagi perusahaan untuk mendorong kemampuan dalam meminimalisir permasalahan-permaslaahan lingkungan dan sosial yang dihadapinya. Implementasi akuntansi keberlanjutan ini tidak hanya diwajibkan pada perusahaan yang berkaitan langsung dengan pemanfaatan sumberdaya alam saja namun semua jenis usaha baik industri, dagang maupun jasa. Bahkan dalam perkembangannya konsep keberlanjutan juga menjadi isu yang penting bagi lembaga pemerintah dan nirlaba.

Dalam penelitian Burritt dan Schaltegger, Sustainability Accounting and Reporting: Fad or Trend? (2010), ada dua jalur utama untuk pengembangan sustainability accounting yaitu pertama, para pakar teori kritikal berpendapat bahwa corporate sustainability accounting merupakan penyebab dan sumber masalah corporate sustainability, karena kesepakatan tidak cocok dengan tujuan pencatatan dan pengungkapan informasi mengenai dampak sosial dan lingkungan perusahaan. Dari perspektif kritikal, sustainability accounting itu suatu yang berangsur-angsur tidak nampak (fad) dan akan menghilang pada waktunya.

Kedua, managerial oriented path to sustainability accounting, memberikan pengakuan pada pentingnya manajemen pengambilan keputusan dan pandangan corporate sustainability accounting sebagai suatu alat yang membantu para manajer menghadapi keputusan yang berbeda-beda. Para pakar teori manajemen dan akuntansi berpendapat bahwa ada sejumlah ketentuan keputusan corporate sustainability untuk informasi akuntansi yang menyediakan dukungan yang penting sebagai dasar untuk penilaian pengambilan tindakan yang lebih hati-hati.

Sustainability Reporting atau laporan keberlanjutan merupakan bentuk laporan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka untuk mengungkapkan (disclose) atau mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja Lingkungan, Sosial dan Tata kelola yang baik (LST) secara akuntabel. Pengungkapan Sustainability Reporting di Indonesia saat ini masih sebatas bersifat sukarela (voluntary). Penerbitan laporan keberlanjutan yang ada di Indonesia saat ini, hampir sebagian besar berdasarkan standar pengungkapan yang ada dalam Global Reporting Index (GRI).

Pengenalan Himpunan Universitas Ciputra

Terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris dan wakilnya, serta bendahara dan wakilnya

  • Departemen Event and Competition Organizer

Bikin-bikin event dan competition. Proker nya yaitu ENTRANCE yaitu event besar di UC.

  • Departemen Enterprise

Departemen yang bertugas mencari dana apabila terdapat program kerja yang memerlukan dana yang cukuo besar

  • Departemen Public Relation and Networking

Departemen yang berhubungan atau berkomunikasi dengan pihak luar (seperti humas) semisal ada proker yang memerlukan speaker dari luar, maka departemen ini yang membantu berkomunikasi dengan pihak luar tersebut.

  • Departemen Human Development

Bagaimana mengevaluasi SDM himpunan serta melakukan perlombaan-perlombaan internal yang berkaitan dengan SDM nya kita. Dan departemen ini mencakup mahasiswa universitas ciputra dan melukan mentoring di UC ini.

  • Departemen Creative Production

Memegang semua sosial media himpunan seperti intagram