Kembali

Review Marimar #1

MARIMAR (Mari IMA Mengajar) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Hubungan Eksternal IMA FEB-UH. Yang dimana proker ini bertujuan untuk membantu anak sekolah dalam menghadapi keterbatasan akses pendidikan, marimar juga berfokus pada kesenjangan pendidikan dan masalah finansial. Marimar ini juga sebagai salah satu bentuk dari nilai kepedulian sosial IMA terhadap anak-anak yang memilili keterbatasan dalam pendidikan. Kegiatan ini sendiri telah diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 11-12 Mei yang bertempat di Area Binaan Manggala dan dilaksanakan mulai daei pukul 14.00-17.00. Adapun beberapa pelajaran yang diajarkan seperti moral dan etika, matematika, bahasa indonesia, dan juga seni budaya. Sebelum memulai pelajaran pada hari itu, mereka memperkenal dirinya satu per satu dan terlihat begitu antusias. Setelah mereka memperkenalkan diri maka mereka dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok A (untuk anak-anak yang berusia 10-12 tahun) dan kelas B (untuk anak-anak yang berusia 4-9 tahun). Adapun pemberi materi atau fasilitator untuk kegiatan ini yaitu kakak-kakak KEMA dari angkatan 2022.

Ketika saya sampai di area Binaan tersebut saya merasa sungguh prihatin. Anak-anak ini berasal dari keluarga yang kurang mampu dan tinggal di pemukiman yang dapat dikatan cukup kumuh. Tempat mereka belajar juga merupakan rumah kayu yang di beberapa bagiannya sudah bolong. Bagi saya lingkungan di sekitar juga dapat mempengaruhi efektivitas dalam belajar serta dapat mempengaruhi kesehatan anak-anak tersebut. Saya juga dapat melihat bahwa dari beberapa anak-anak yang ada di arena binaan tersebut masih ada yang tidak tau membaca,menulis, berhitung, dan lain sebagainya.

Sebagai volunteer tentunya saya sangat senang dalam mengikuti kegiatan ini karena selain kegiatannya yang seru dan juga menyenangkan, tentu saja kegiatan ini dapat membuat saya lebih memperhatikan keadaan di sekitar kita bahwa ternyata masih banyak anak-anak yang kurang dalam mendapatkan akses pendidikan. Walaupun saya sedikit kaget dengan anak-anak yang super aktif dan terkadang suka bermain, tetapi mereka masih tetap memiliki keinginan untuk belajar. Menurut saya pribadi, dengan adanya kegiatan marimar ini sangat membantu anak-anak tersebut untuk mendapat pelajaran dasar yang seharusnya sudah mereka dapatkan. Kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat yang begitu besar kepada anak-anak tersebut.