Kembali

Melawan Liberalisme Pendidikan

Substansi pendidikan sebagai wadah untuk mencerdaskan, pun juga proses integrasi bangsa, proses kebudayaan, serta national and character building menjadi terabaikan yang diakibatkan kehadiran neoliberalisme dalam dunia pendidikan. Privatisasi dan liberalisasi pendidikan ini, salah satunya ditampilkan langsung oleh RUU/UU BHP. Imbasnya, pendidikan menjadi sangat legal-formal-managerial, ekonomi-kapitalistik dan tata kelola di dalamnya pun mengerucut pada masalah pendanaan. Pendidikan Tinggi pun kemudian menjadi sangat elit dan tertutup bagi kaum miskin. Masyarakat akhirnya harus merana hidup di tanah sendiri, para pemegang kekuasaan dan orang kaya saja yang bisa menghirup nafas lega akan situasi pelik ini, yang menutup mata dan telinga atas penderitaan masyarakat kecil. Buku Melawan Liberalisme Pendidikan ini adalah sebuah rekam sejarah, perlawanan rakyat akan sistem pendidikan yang membelenggu. Sistem yang secara privat hanya diperuntukkan untuk kaum-kaum tertentu. Buku ini bukan hanya disajikan kepada para intelek, pemikir, dan penguasa agar tidak mengulang sejarah kelam yang sama namun juga generasi bangsa berikutnya. 

Buku ini membahas sejarah pergerakan di saat UU PTN-BHMN disahkan di 2003, perlawanan yang membuahkan hasil dikarenakan UU tersebut sempat dibatalkan. Selain itu, buku ini menjelaskan secara rinci muatan-muatan yang tercantum di dalam UU tersebut. 

Melawan Liberalisasi Pendidikan adalah rekam sejarah, perlawanan rakyat akan sistem pendidikan yang membelenggu. Sistem yang secara privat hanya diperuntukkan untuk kaum-kaum tertentu.