Kembali

Review SIGMA Road To HMDA FEB UB

Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi (HMDA) adalah organisasi independen yang berada di bawah Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (KM FEB UB) dan berfungsi sebagai badan eksekutif departemen. HMDA memimpin seluruh anggota HMDA yang terdiri dari mahasiswa aktif S1 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (DA FEB UB).

HMDA didirikan pada tanggal 26 Desember 1985 untuk menampung aspirasi dan kegiatan mahasiswa, terutama mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Sebenarnya Lembaga ini awalnya bernama Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA). Namun, pada tanggal 31 januari 2022, Lembaga ini secara resmi berganti menjadi Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi (HMDA), perubahan ini dikarenakan status Universitas Brawijaya yang menjadi PTN-BH.

HMDA menjadi wadah bagi mahasiswa aktif S1 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, baik reguler maupun kelas internasional. DiHMDA, semua ide dan inspirasi dari para mahasiswa akuntansi ditampung. Selain itu minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa aktif S1 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dapat dikembangkan.

Tujuan

  1.  Tewujudnya HMDA FEB UB sebagai Student Servant dalam proses advokasi akademik Mahasiswa S1 DA FEB UB
  2.  Terbukanya wadah kreativitas mahasiswa S1 DA FER UB dalam Aktivitas HMDA FER UB
  3.  Terjalinnya kolaborasi aktif dengan Stakeholder IIMDA ГЕВ ИВ, КМ ГEB UB, dan pihak eksternal lainnya yang memberikan kebermanfaatan bagi Mahasiswa S1 DA FEB UB
  4. Terbangunnya rasa kekeluargaan yang suportif dan apresiatif dalam peningkatan fungsi dan peran fungsionaris IIMDA FEB UB

Dalam HMDA sendiri terdapat beberapa departemen dan biro yaitu Departemen SDM, Departemen Komunikasi dan Informasi, Departemen Kewirausahaan, Departemen Penelitian dan Pengembangan. Kemudian ada Biro jaminan mutu, Biro Administrasi Dan perbendaharaan, dan Biro Media kreatif.

Departemen Penelitian dan Pengambangan

Departemen Penelitian dan Pengembangan merupakan salah satu departemen yang ada di HMDA FEB UB.

Departemen Penelitian dan Pengembangan bertanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan akademik  mahasiswa S1 DA FEB UB, meningkatkan literasi dan kepekaan terhadap peristiwa terkini, baik melalui beasiswa akuntansi maupun akademik umum.

Departemen Penelitian dan Pengembangan juga mempersiapkan, merancang dan melaksanakan pelatihan eksekutif berdasarkan kerangka ilmiah bagi seluruh mahasiswa S1 DA FEB UB.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kemampuan berpikir mahasiswa dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan khususnya  bidang akuntansi, sebagai bekal  menghadapi dunia kerja di masa depan.